Mata pelatihan ini membekali peserta untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif dan menerapkannya dalam melakukan inovasi pelayanan publik sesuai dengan lingkup bidang jabatan pejabat pengawas pada unit organisasi instansinya. Hal-hal yang dibahas meliputi konsep berpikir kreatif, teknik berpikir kreatif dan inovasi, praktik berpikir kreatif dan inovasi dalam pelayanan publik serta strategi berpikir kreatif dan inovasi dalam pelayanan publik sesuai dengan tugas dan fungsi jabatannya.
Pemecahan masalah perlu dilakukan dengan menggunakan kerangka berfikir kreatif dan inovatif. Mengapa? Hal ini untuk memberikan kepuasan terhadap pelayanan terhadap pelanggan kita. Ingat pelanggan kita membutuhkan sesuatu yang cepat, tepat, murah, akurat, bermutu. Oleh karena itu kita perlu berinovasi. Untuk berinovasi diperlukan berfikir kreatif dan inovatif. Apalagi dengan hadirnya revolusi industry 4.0.
Pengembangan potensi kreativitas dan inovasi dapat dilakukan dengan mengubah pola pikir para Pemimpin., baik pejabat pengawas maupun pejabat administrator sehingga mampu menumbuhkembangkan iklim berfikir kreatif dan inovasi dalam lingkungan kerjanya. Berkaitan dengan hal tersebut, maka dalam pelatihan kepemimpinan pengawas diberikan muatan materi : Berfikir Kreatif dalam pelayanan. Modul ini merupakan salah satu bagian dari agenda dalam Kepemimpinan Pelayanan. Modul lain yang terkait dengan agenda ini adalah Diagnosa Organisasi, membangun tim efektif, kepemimpinan dalam pelaksanaan pekerjaan, dan teknik-teknik komunikasi publik.
Write a public review